Sistem Komputer

Pegertian Sistem Komputer

Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), Perangkat Lunak (software), Set Intruksi (Intruction set), dan perangkat keras (Hardware).

dengan demikian elemen tersebut saling terlibat dan terhubung dalam suatu sistem komputer. Tentu saja Hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainya (Software dan Brainware). Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama : Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit control, memori dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O).

Komponen-komponen komputer
Komponen-komponen komputer dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu:

1. Hardware (Perangkat Keras)

  • Processing Device
  • Input Device
  • Output Device
  • Storage Device
2. Software (Perangkat Lunak)
  • Operating Sistem (OS)
  • Application Program
  • Language Program
3. Brainware(Orang yang mengoprasikan komputer)


1. Hardware (Perangkat Keras)

Hardware adalah perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara disik, seperti Input(perangkat masukan), Output(Perangkat keluaran), dan Proses. perangkat ini dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan intruction set. dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang diberikan.

Input Device (Perangkat Masukan)

Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai allat untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer. contoh dari Input device.

- Keyboard

berfungsi sebagai papan ketik untuk memasukan huruf, angka dan tombol perintah kedalam CPU.

- Mouse dan touch pad

Mouse
Touch Pad
kedua alat diatas mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mengarahkan kursor dan memberikan perintah.

- microphone


Berfungsi sebagai alat untuk Input/memasukan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk  mendengarkan suara.

- Joy Stik dan Games Paddle


alat ini biasa digunakan pada pemesinan (games) komputer. Joy Stik biasanya berbentuk tongkat,sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

- Scanner

scanner adalah sebuah alat yang digunakan untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan didalam memori komputer.

Output Device (Perangkat Keluaran)

Output merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahandata yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna. bebrapa Perangkat Output diantaranya :

- Monitor

Monitor berfungsi sebagai Display atau tampilan dari memori komputer atau CPU.

- Printer

Printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak data dari komputer kedalam bentuk kertas.

- Speaker


Speaker adalah Perangkat Keras untuk menghasilkan suara. jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone.

- Proyektor

Proyektor merupakan alat digunakan untuk presentasi, yang dihubungkan ke komputer untuk menmpilkan apa yang ada pada monitor ke suatu screen ( layar) ataupun dinding.

Media Proses Komputer

Proses merupakan intruksi atau perintah yang dikerjakan oleh komputer untuk menjalankan operasi data serta operasi aritmatika dan logika yang dilakukan pada data. pemroses data dalam sebuah perangkat komputer dikerjakan oleh CPU (Central Processing Unit).

Komputer tidak akan dapat berjalan tanpa CPU. CPU sering dikatakan sebagi otak komputer. dalam motherboard, CPU memiliki sirkuit tunggal terintegrasi (single integrated circuit) yang dinamakan microprosesor. CPU juga memiliki dua komponen dasar, unit kontrol dan Arithmetic/ Logical Unit (ALU).

Soket Processor
Processor AMD

Storage Device

register CPU berukuran kecil sehinggga tidak dapat menyimpan informasi, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. terbagi menjadi 2 yaitu:

1. Internal Storage

adalah media penyimpanan yang terdapat dalam komputer yaitu:

RAM ( Random Acces Memori ) 
untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak (dapat diisi /ditulis, diambil atau dihapus isinya ). 

ROM ( Random Only Memori )
memori yang bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak dapat diisi sesuatu kedalam ROM.
Previous
Next Post »