Membuat Form Login di Visual Basic 2010



Security merupakan hal terpenting dalam sebuah program, seperti yang kita tahu bahwa akhir-akhir ini marak sekali kasus pembobolan suatu sistem dan mengakibatkan kerugian pada si korban.

Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan sedikit tutorial tentang bagaimana cara membuat sebuah sistem keamanan atau Login Sistem untuk memberikan kunci atau password pada program yang anda kerjakan, form login ini bertujuan untuk memberikan hak akses kepada seseorang dan tidak ada yang bisa mengakses program tersebut apabila dia tidak mempunyai password.

Berikut langkah-langkah membuat form login pada Visual Basic 2010

1. Buka Ms. Visual Basic 2010 dan tambahkan 3 form dengan rincian form 1 untuk Login, Form 2 untuk Ganti Password dan Form 3 untuk form utama.


2. Tambahkan item pada form 1 seperti pada gambar di bawah ini yaitu 2 buah Button, 2 Buah Label, 2 Buah Text Box dan 1 Buah LinkLabel dengan Text yang telah di ubah seperti gambar di bawah ini.



3. Double klik pada WindowsApplication1 untuk membuka application setting, pada tahap ini kita akan membuat file database untuk input data user atau orang yang akan menggunakan program yang akan kita buat.


4. Setelah tampil seperti gambar di bawah ini kemudian klik pada tab Settings seperti di bawah ini untuk membuka database input.

5. Masukan pada kolom Name yaitu "Username" dan "Password" ini untuk membuat sebuah kolom database user yang akan kita buat.


6. Setelah anda masukan seperti di atas maka selanjutnya close jendela WindowsApplication1 seperti gambar di bawah ini.


7. Sementara database sudah siap sekarang kita desain form yang ke 2 yaitu form create account, form ini berfungsi untuk membuat user baru sehingga dapat di simpan oleh aplikasi anda, untuk desain form nya seperti pada gambar di bawah ini.


8. Untuk form yang ke 3 kita barkan saja, kita anggap form itu adalah form utama program yang akan kita buat, untuk selanjutnya setelah kita membuat form 1 dan form 2 serta database kita melangkah pada coding, dan coding-codingnya adalah sebagai berikut.

9. Coding yang pertama yang akan kita masukan adalah untuk button1 pada form 2 atau tombol create seperti di bawah ini.


 Create Button
My.Settings.Username = TextBox1.Text
My.Settings.Password = TextBox2.Text
My.Settings.Save ()
MsgBox("Create Account", MsgBoxStyle.Information, "Create"
Me.Hide
Form1.Show()
10. Selanjutnya kita double klik pada LinkLabel untuk memasukan coding pada LinkLabel1 "Create Account" atau Link untuk membuka form2, codingnya seperti di bawah ini.

LinkLabel1 - Create Acount
Form2.show()



11. Untuk selanjutnya kembali lagi ke form2 dan double klik pada button2 atau tombol close kemudian masukan coding di bawah ini.


Close Button
Me.Hide()
Form1.Show()
 12. Form2 telah selesai kita kembali ke form1 yaitu form login kita kemudian double klik pada button1 atau tombol login kemudian ketik kan coding ini.



 Login Button
If TextBox1.Text = My.Settings.Username    And
    TextBox2.Text = My.Settings.Password Then
    Form3.Show()
    Me.hide
    Else
    Msgbox("Missing Username or Password", MsgBoxStyle.Information, "Error")
End if
Close Button

End()
Setelah semua coding sudah di masukan, silahkan jalankan program anda dan jika berhasil maka program anda akan seperti pada gambar di bawah ini, demikian tutorial kita kali ini semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.



Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments