Pengertian Gerbang Logika

Pengetian Gerbang Logika Dasar dan Jenis-jenisnya. Gerbang Logika atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Logic Gate adalah dasar pembentukan Sistem Elektronika Digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa Input (masukan) menjadi sebuah sinyal Output(Keluaran) Logis. Gerbang Logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan Biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 simbol yaitu 0 dan 1 dengan menggunakan teori aljabar Boolean.

Gerbang logika yang diterapkan dalam Sistem Elektronika Digital pada dasarnya menggunakan komponen-komponen Elektronika seperti Integrated Circuit (IC), Dioda, Transistor, Relay Optik maupun elemen Mekanika.

Jenis - jenis Gerbang Logika Dasar dan Simbolnya

Terdapat 7 jenis gerbang logika dasar yang membentuk sebuah Sistem Elektronika Digital, Yaitu:


  1. Gerbang AND
  2. Gerbang OR
  3. Gerbang NOT
  4. Gerbang NAND
  5. Gerbang NOR
  6. Gerbang X-OR (Exlusive OR)
  7. Gerbang X-NOR (Exlusive NOR)
Tabel yang berisikan kombinasi-kombinasi Variable Input (Masukan) yang menghasilkan Output (Keluaran) Logis disebut dengan "Tabel Kebenaran" atau "True Table".

Input dan Output pada Gerbang Logika hanya memiliki 2 level. kedua level tersebut pada umumnya dapat dilambangkan dengan  :

  • HIGH (tinggi) dan LOW(rendah)
  • TRUE (benar) dan FALSE (salah)
  • ON (Hidup) dan OFF(Mati)
  • 1 dan 0
Contoh penerapan ke dalam Rangkaian Elektronika yang memakai Transistor TTL(Transistor - transistor Logic), maka 0V dalam rangkaian akan diasumsikan sebagai "LOW" atau "0" sedangkan 5V akan diasumsikan sebagai "HIGH" atau "1".

Berikut adalah penjelasan dari jenis- jenis Gerbang Logika:

Gerbang Logika AND (AND Gate)

Gerbang AND memerlukan 2 atau lebih Input untuk menghasilkan hanya 1 Output. Gerbang AND akan menghasilkan Output Logika 1 jika semua Input bernilai 1 dan akan menghasilkan Output Logika 0 jika salah satu atau kedua Input bernilai 0. Simbol yang menandakan operasi Gerbang Logika AND adalah tanda titik (".") atau tidak memakai tanda sama sekali. contoh : Z=X.Y atau Z=XY.


Gerbang Logika OR(OR Gate)

Gerbang Logika OR memerlukan 2 atau lebih Input untuk menghasilkan hanya 1 Output. Gerbang OR akan menghasilkan Output 1 jika nilai salah satu Input atau keduanya bernilai 1 dan jika kedua input bernilai 0 maka akan menghasilkan Output 0.

simbol untuk Gerbang Logika OR Plus ("+") . Contohnya : Z=X+Y

Simbol dan tabel Kebenaran Gerbang OR (OR Gate)



Gerbang NOT (NOT Gate)

Gerbang NOT hanya memerlukan sebuah masukan(Input) untuk menghasilkan hanya 1 keluaran (Output). Gerbang Logika NOT disebut juga dengan Inverter (Pembalik) karena menghasilkan Keluaran (Output) yang berlawanan (Kebalikan) dengan masukan atau Inputannya. Berarti jika kita ingin mendapatkan Keluaran (Output) dengan nilai Logika 0 maka Input atau Masukannya harus bernilai 1. gerbang NOT biasanya dilambangkan dengan simbol minus ("-") diatas Variable Inputnya.

 Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang NOT(NOT Gate)


Gerbang NAND(NAND Gate)

Arti NAND adalah NOT AND atau BUKAN AND, gerbang NAND merupakan kombinasi dari Gerbang AND dan NOT yang menghasilkan kebalikan dari Output AND. Gerbang NAND akan menghasilkan Output 0 apabila semua masukan bernilai 1 dan jika terdapat sebuah Input yang bernilai Logika 0 maka akan menghasilkan Output Logika 1.

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang Logika NAND (NAND Gate)



Gerbang NOR (NOR Gate)

Arti NOR adalah NOT OR atau BUKAN OR, Gerbang NOR merupakan kombinasi dari Gerbang OR dan Gerbang NOT yang menghasilkan kebalikan dari keluaran (Output) Gerbang OR. Gerbang NOR akan menghasilkan Keluaran Logika 0 jika salah dari Masukan (Input) bernilai Logika 1 dan jika Ingin mendapatkan Keluaran Logika 1, maka semua masukan (Input) harus bernilai Logika 0.

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang NOR(NOR Gate)




Gerbang X-OR (X-OR Gate)

X-OR adalah singkatan dari Exlusive OR yang terdiri dari 2 masukan (Input) dan 1 Keluaran (Output) Logika. Gerbang X-OR akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 1 jika semua Masukan-masukannya (Input) mempunyai nilai Logika yang berbeda. Jika nilai Logika Inputnya sama, maka akan memberikan hasil Keluaran Logika 0.

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang X-OR (X-OR Gate)



Gerbang X-NOR (X-NOR Gate)

Seperti Gerbang X-NOR, Gerbang X-NOR juga terdiri dari 2 masukan (Input) dan 1 Keluaran (Output). X-NOR adalah singkatan dari Exlusive NOR dan merupakan kombinasi dari gerbang X-OR dan gerbang NOT. Gerbang X-NOR akan menghasilkan Keluaran(Output) Logika 1 jika semua Masukan atau Inputanya bernilai Logika yang sama dan akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 0 Jika semua Masukan atau Input yang bernilai Logika yang berbeda. Hal ini merupakan kebalikan dari Gerbang X-OR (Exclusive OR).

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang X-NOR(X-NOR Gate)


Demikian Penjelasan tentang Gerbang Logika Sekian dan terimakasih.

Previous
Next Post »