Pengertian Router

Pengertian Router

Pengertian Router. Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghuungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda, router adalah sebuah alat untuk  mengirim paket data  melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya. proses tersebut dinamakan routing. Proses routing itu sendiri terjadi pada 3 lapisan stack protokol 7 lapis OSI. Router terkadang digunkan untuk mengkoneksikan 2 buah jaringan yang menggunakan media berbeda, seperti halnya dari ethernet menuju ko token Ring itulah pengertian Router.




Fungsi Router


Router memiliki sungsi untuk membagi atau mendistribusikan IP Address, baik secara statis maupun DHCP atau Dhunamic Host Configuration Protocol kepada semua komputer yang terhubunga ke router tersebut. Dengan adanya IP Addres yang unik yang dibagikan router tersebut kepada setiap komputer untuk saling terhubung serta melalui komunikasi, baik itu pada LAN atau Internet.

Cara Kerja Router

Router bekerja dengan cara merutekan paket atau data informasi yang disebut dengan routing. Dengan teknik routing tersebut, router dapat mengetahui arah rute perjalanan informasi tersebut akan dituju, apakah berada pada satu jaringan atau berbeda. jika informasi yang dituju mengarah pada jaringan yang berbeda, maka router akan meneruskannya kepada jaringan tersebut, sebaliknya apabila paket yang dituju adalah jaringan yang sama, maka router akan menghalangi paet keluar serta meneruskan paket tersebut dengan routing di jaringan yang sama sampai terkirim ke tujuan berikut ilustrasi cara kerja router.

s

cara kerja router dapat dilihat diatas. pada gambar diatas terdapat dua buah Network yang terhubung pada sebuah router. Network yang berada pada sebelah kiri yang terhubung ke Port 1 router mempunyai IP 192.168.1.0 serta pada Network yang sebelah kanan terhubung pada port 2 router mempunyai alamat 192.155.2.0.

  • Komputer A mengirim sebuah data kepada komputer C, router tidak akan meneruskan data tersebut kepada jaringan yang lainya.

  • Begitu juga apabila ketika komputer E mengirim sebuah data kepada komputer E, router tidak akan meneruskan paket data tersebut kepada network yang lainya.

  • Barulah ketika komputer F mengirim sebuah data kepada komputer B, router akan meneruskan paket data tersebut ke komputer B.
Itulah penjelasan dari Kami tentang Router sekian dan terima kasih semogga bermanfaat.

Previous
Next Post »