Cara membuat Kabel UTP / LAN

Jaringan Komputer adalah dua komputer  atau lebih yang saling terhubung dan dapat bertukar informasi berupa file, gambar, video dan lain-lain. Dalam sebuah jaringan komputer pasti menggunakan media untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainya agar bisa bertukar data contohnya Wireless, FO, Kabel UTP dll.

Pada artikel ini kami akan membahas tentang kabel jaringan, Kabel jaringan berfungsi untuk menghubungkan perangkat - perangkat jaringan contohnya dari lan card komputer ke komputer, switch, router atu perangkat jaringan lainya.

Hal - hal yang dibutuhkan untuk membuat kabel UTP.

- Tang Krimping
- Konektor RJ45
- Kabel UTP
- Tester

Tang Krimping

ini adalah alat untuk menjepit kabel UTP ke konektor RJ$%. Pastikan anda mempunyai tang krimping ini yang diperuntukan untuk konektor RJ45 dan  mempunyai presisi yang kuat. Karena jika tidak kuat penjepitnya akan lebih mudah meleset pin tembaga RJ45nya.

Konektor RJ45

Konektor adalah alat yang kita pasang pada ujung kabel UTP tujuanya agar kabel dapat kita pasang pada port LAN di perangkat jaringan kita.

UTP/LAN

jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer berjenis kabel UTP Cat 5 yang berisi 8 kabel didalamnya.

Tester

Alat ini berfungsi untuk mengecek apakah warna kabel sudah tersusun dengan benar.



Bagaimana urutan warna kabel UTP ?

Kabel ini mempunyai urutan warna yang perlu diketahui dalam pembuatan kabelnya. Urutan warna ini mempunyai urutan warna yang berbeda.

Kabel Straight

Kabel straight adalah kabel yang mempunyai urutan yang sama antara kedua ujungnya. Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan antar perangkat yang berbeda. contohnya sebagai berikut:


  1. menghubungkan antara Komputer dengan switch
  2. komputer dengan LAN modem DSL
  3. router dengan LAN modem DSL
  4. switch dengan router
  5. HUB dengan router
kombinasi urutan/susunan kabel straight 




Kabel Cross

Kabel ini mempunyai susunan warna yang berbeda antara kedua ujung. Kabel dengan kombinasi ini diperuntukan untuk koneksi peer to peer antara perangkat sejenis. contohnya:

  1. menghubungkan 2 komputer secara langsung
  2. menghubungkan 2 switch 
  3. menghubungkan 2 HUB 
Kombinasi warna kabel Cross pada gambar sebagai berikut:

Dibawah ini adalah cara untuk membuat kabel LAN/UTP.


  1. Potong panjang kabel sesuai kebutuhan.
  2. Kuliti bungkus luar kabel, seruas jari kelingking saja.
  3. Urut-urut kabel kecil didalamnya agar lurus, agar mudah dimasukan ke konektor RJ45nya.
  4. masukan kabel konektor RJ45nya, pastikan semua ujungnya sampai mentok di konektornya. Agar kabelnya tergigit oleh tembaga konektornya.
  5. Jepit konektornya pakai tang krimping, posisi kabel jangan sampai tertarik atau pastikan masuk dengan benar kabelnya.
  6. finish dan selesai, kabel sudah bisa digunakan.
sekarang tahap akhir 

Tes kabel yang udah kita buat tadi dengan LLAN Tester jika urutan antara kedua ujung sesuai dengan kabel yang kita inginkan maka kabel berhasil dibuat. oke terimakasih atas perhatiannya.

Previous
Next Post »